Pengertian Reciprocity dan Directivity Antena

Reciprocity merupakan sebuah kemampuan untuk menggunakan antena yang sama pada kedua antena, baik antena pemancar maupun penerimaan. Karakteristik listrik pada sebuah antena yang terpasang akan sama secara umum apakah menggunakan antena sebagai pemancar maupun sebagai penerima. Supaya memperoleh efisiensi yang baik perlu menggunakan antena yang memancarkan atau menerima sinyal pada gelombang frekuensi dengan antena yang bekerja pada frekuensi yang sama.

Ketika antena digunakan untuk mengirimkan maksimum radiasi terjadi pada sudut kanan. Ketika antena yang sama digunakan untuk menerima maka akan terjadi penerimaan yang sangat baik. Antena yang mempunyai sifat reciprocity dapat digambarkan seperti pada gambar 6.3. dan 6.4. Antena Pemancar Gambar 6.3. Antena reciprocity antena pemancar Antena Penerima Gambar 6.4. Antena reciprocity pada penerima

Directivity

Directivity dari sebuah antena atau deretan antena diukur pada kemampuan yang dimiliki antena untuk memusatkan energi dalam satu atau lebih ke arah khusus. Antena dapat juga ditentukan pengarahanya tergantung dari pola radiasinya. Dalam sebuah array propagasi akan diberikan jumlah energi, gelombang radiasi akan dibawa ketempat dalam suatu arah. 

Elemen dalam array dapat diatur sehingga akan mengakibatkan perubahan pola atau distribusi energi lebih yang memungkinkan ke semua arah. Suatu hal yang tidak sesuai juga memungkinkan. Elemen dapat diatur sehingga radiasi energi dapat dipusatkan dalam satu arah.