Antena Low Frequency dan Antena High Frequency

Antena yang digunakan pada LF juga mempunyai ukuran yang besar seperti halnya pada frekuensi VLF. Dua buah contoh rancangan antena dapat dilihat pada gambar 5.17 dan 5.18.

Antena Pan Polar seperti halnya payung yang dibebankan pada satu penyangga tunggal. Antena polar mempunyai tiga beban loop space dengan sudut 120 derajat yang bagian atasnya disambung. Dua buah terminal loop yang diterminalkan pada ground, sedangkan lainnya menggunakan feed. NORD antena menitik beratkan pada prinsip foldedunipole, yaitu sebuah tower vertikal radiator yang ditanahkan pada sebuah titik dan digabungkan menjadi satu atau lebih gabungan kawat pada titik atas tower.

Ketiga beban yang berasal dari atas sambugan tower dibentangan ke segala arah sebesar 120 derajat sehingga membentuk tiga terminasi tower. Tiap-tiap beban kawat mempunyai panjang kira-kira sama dengan tinggi tower ditambah 100 kaki. Pada beban atas kawat harus diisolasi dari tanah dengan tower tersebut.

Antena High Frequency

Sistem antena radio High Frequency (HF) digunakan untuk mendukung beberapa banyak perbedaan dari rangkaian yang berbeda termasuk ship-to-shore, point-to-point, dan ground-to-air. Aplikasi yang berbeda-beda membutuhkan sejumlah antena yang beraneka ragam jenisnya yang akan dijelaskan pada bagian ini.