Pengertian Siklus Hidrologi

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan untuk hidup dan kehidupan makhluk di permukaan bumi, termasuk bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan.

Keberadaan air di bumi relatif tetap, yaitu sekitar 1.38 miliar km3, namun dari jumlah tersebut hanya 2.5% yang merupakan air tawar dan sekitar 0.01% dari jumlah tersebut yang dapat dimanfaatkan.

Jumlah air tawar di permukaan dan di bawah permukaantanahyang dapat dimanfaatkan berasaldarihujanyangkeberadaannya melalui suatu proses panjang yang dikenal dengan siklus hidrologi.

Siklus hidrologi adalah perputaran air yang tidak pernah berhenti dari atmosfir ke bumi dan kembali lagi ke atmosfir melalui serangkaian proses seperti, evaporasi transpirasi, kondensasi dan turun sebagai hujan dipermukaan bumi mengisi tanah dan cekungan dipermukaan bumi.

Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus berlangsung secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda, yaitu (1) evaporasi dan transpirasi, (2) infiltrasi dan perkolasi ke dalam tanah, (3) air permukaan.