Jumlah Air Tawar Bumi Yang Tersebar di Dunia

Sebenarnya Tuhan menciptakan bumi beserta air yang cukup untuk memenuhi hajad hidup manusia, untuk makan, minum, keperluan sehari-hari dan kegiatan pertanian.

Permasalahannya adalah ketersediaan. Air kadang kala tidak ada pada saat dibutuhkan untuk irigasi, tetapi di lain waktu terjadi hujan yang menyebabkan banjir. Berapakah jumlah air di permukaan bumi ?
Jika bumi diasumsikan seukuran bola basket, maka jumlah air yang ada di bumi bisa dimasukkan ke dalam bola ping pong. Seberapa banyak air itu? Sekitar 326 juta mil kubik atau 1.332.000.000 kilometer kubik (1,332 km3). 


Berdasarkan penelitian terbaru dari US Geological Survey, sekitar 72 persen bumi tertutup air, tetapi 97 persennya adalah air laut yang asin dan tidak cocok untuk diminum dan kegiatan pertanian.

Air tawar di bumi yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia dan kegiatan pertanian jumlahnya sangat sedikit. Berikut ini adalah jumlah air tawar bumi tersebar di seluruh dunia yaitu;

     Tujuh puluh (70) persen dari air tawar berada di dalam lapisan es, Kurang dari 1 persen dari air tawar dunia dapat diakses 6 negara (Brasil, Rusia, Kanada, Indonesia, Cina dan Kolombia) memiliki 50 persen dari cadangan air tawar dunia.

     Sepertiga dari penduduk dunia hidup dalam negara "kekurangan air". Negara-negara berlabel sedang hingga kekurangan yang tinggi mengkonsumsi air 20 persen lebih dari pasokan yang tersedia.