Contoh Soal Ujian Irigasi dan Kunci Jawaban / Pembahasan Lengkap

Soal

a. Apa yang dimaksud dengan irigasi ?
b. Jelaskan sejarah perkembangan irigasi di Indonesia
c. Jelaskan fungsi, tujuan dan manfaat irigasi dalam bidang pertanian ?
d. Jelaskan klasifikasi sistem irigasi
e. Jelaskan apa saja yang diatur dalam undang-undang irigasi ?

Kunci Jawaban

a. Irigasi adalah usaha penyediaan, pengaturan dan pengembangan air irigasi untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi permukaan, irigasi rawa, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi tambak.

b. Sistem irigasi di Indonesia sudah mulai dikenal jaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Namun pada saat tersebut belum ada catatan yang dibuat sehingga pekembangan system irigasi belum terdokumentasi dengan baik. Sejarah perkembangan irigasi di Indonesia dapat dibedakan menjadi 5 priode, yaitu (1) masa sebelum penjajahan, (2) masa penjajahan, (3) masa revolusi atau pasca colonial, (4) Masa orde baru, (5) masa pasca orde baru atau reformasi.

c. Fungsi, Tujuan dan manfaat irigasi :

Fungsi irigasi adalah menambah (suplesi) kekurangan air pada lahan petanian yang diperoleh dari air hujan atau air tanah, karena jumlah air yang diberikan kepada tanaman tidak mencukupi kebutuhan tanaman. Jika penambahan air melalui irigasi tidak dilakukan, maka pertumbuhan tanaman tidak akan optimal, dan tidak akan menghasilkan panen sesuai dengan yang diharapkan. Jika jumlah atau volume curah hujan atau air tanah yang dapat diambil tanaman sudah mencukupi kebutuhannya, maka irigasi tidak diperlukan lagi.

Adapun tujuan irigasi pada suatu daerah adalah upaya untuk penyediaan dan penga-turan air untuk menunjang pertanian, dari sumber air ke daerah yang memer-lukan dan mendistribusikan secara teknis dan sistematis.

Sedangkan manfaat yang diperoleh dari kegiatan irigasi adalah (1) untuk membasahi tanah, yaitu membantu pembasahan tanah pada daerah yang curah hujannya kurang atau tidak menentu, (2) untuk mengatur pembasahan tanah, yang dimaksudkan agar daerah pertanian dapat memperoleh air sepanjang waktu, baik pada musim kemarau mupun pada musim penghujan, (3) untuk meningkatkan kesuburan tanah (4) Untuk kolmatase, yaitu meninggikan tanah yang di dataran rendah seperti rawa-rawa dengan endapan lumpur yang terbawa oleh air irigasi, (5) untuk penggelontoran air di kota (6) meningkatkan suhu tanah terutama di daerah dingin. 


d. Klasifikasi sistem irigasi

Sistem irigasi dapat dikelompokkan menjadi bebrapa jenis antara lain :

·       Sistem Irigasi Permukaan (Surface Irrigation System)
·       Sistem Irigasi Bawah Permukaan (Sub Surface Irrigation System)
·       Sistem Irigasi Curah (sprinkler irrigation)
·       Sistem irigasi tetes (Drip Irrigation)

e. Hal-hal yang diatur dalam undang-undang irigasi :

·       Prinsip Pengelolaan Irigasi
·       Kelembagaan Pengelolaan Irigasi
·       Pemberdayaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A)
·       Konsepsi Kelembagaan Pengelolaan Irigasi
·       Kebijakan Pengelolaan Irigasi
·       Pengelolaan Air Irigasi
·       Pembangunan Jaringan Irigasi
·       Pengelolaan Jaringan Irigasi
·       Inventarisasi Aset Irigasi
·       Pembiayaan irigasi
·       Alih fungsi lahan beririgasi