Macam-macam Faktor Penyebab Terjadinya Banjir

Di mana banjir tersebut terjadi? Apa pula penyebabnya? Banjir dapat disebabkan oleh alam maupun perilaku manusia. Salah satu penyebab banjir adalah tingginya curah hujan di suatu wilayah. Curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai tidak mampu menampung air.

Akibatnya, air sungai meluap dan menggenangi daratan. Banjir dapat disebabkan oleh gelombang tsunami. Air laut yang mengalir ke daratan dalam jumlah besar menggenangi daratan. Air menggenang karena tanah tidak mampu menyerap dan air tidak dapat mengalir dengan lancar.

Penyebab lain dari banjir adalah sungai dan selokan yang penuh sampah. Bila kita membuang sampah di sungai atau selokan, maka akan menyumbat aliran air. Pada saat musim hujan, air akan meluap dan mengalir ke darat.
Contoh banjir yang diakibatkan oleh penumpukan sampah di sungai dan selokan terjadi di Jakarta pada tanggal 2 Februari 2007.

Sungai yang penuh sampah menyebabkan air tidak dapat mengalir lancar. Pada saat musim hujan, air akan meluap ke darat. Pengrusakan hutan juga menjadi penyebab banjir.

Penebangan liar menyebabkan hutan gundul. Akar pohon di hutan berguna untuk mengikat air. Apabila hutan rusak, maka tidak ada lagi sarana yang dapat digunakan untuk menahan air. Akibatnya, air akan terus mengalir yang bila dalam jumlah besar akan menyebabkan banjir. Banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi dan Kalimantan, disebabkan oleh kerusakan hutan.

Perilaku manusia dalam memelihara alam menjadi faktor utama terjadinya banjir. Kebiasaan membuang sampah di selokan dan sungai serta menebang hutan sembarangan menjadi penyebabnya.