Macam-macam Nama Benua di Seluruh Permukaan Bumi

Berdasarkan penelitian, hingga saat ini bumi merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan. Bumi terbagi atas benua-benua. Benua adalah daratan yang cukup luas di permukaan bumi. Daratan tersebut mencakup 29% permukaan bumi. Bagaimana proses terbentuknya benua?

Sekitar 200 juta tahun yang lalu, semua daratan di bumi tergabung dalam sebuah benua raksasa. Benua tersebut dinamakan Pangea. Sekitar 110 juta tahun yang lalu, Pangea terpisah menjadi sejumlah daratan. Pada masa ini terbentuk daratan Afrika dan Amerika Selatan. Adapun saat ini terdapat 6 benua di bumi, yaitu Benua Asia, Benua Amerika, Benua Afrika, Benua Eropa, dan Benua Australia, dan Benua Antartika.

Perlu kita ketahui bahwa terdapat 2 pendapat mengenai pembagian benua. Pendapat pertama menyatakan bahwa bumi terbagi atas 6 benua. Pendapat yang lain mengatakan bahwa bumi terbagi atas 7 benua. Dalam pembagian ini, Benua Amerika terbagi atas 2 benua, yaitu Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Selatan.

Bumi dikelilingi oleh samudra dan laut. Samudra menjadi penghubung antarbenua. Samudra tersebut adalah Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik.

Samudra Pasifik menghubungkan antara Benua Asia dan Benua Australia dengan Benua Amerika.

Samudra Atlantik menghubungkan antara Benua Amerika dengan Benua Eropa dan Benua Afrika. Samudra Hindia menghubungkan antara Australia dengan Kutub Selatan. Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di dunia.

Adapun laut yang ada di bumi antara lain Laut Cina Selatan, Laut Karibia, Laut Andaman, dan Laut Tengah. Laut terluas adalah Laut Cina Selatan.

Selain samudra dan laut, kenampakan alam yang ada di bumi adalah sungai, danau, pegunungan, dataran rendah, dan dataran tinggi. Sungai terpanjang di bumi adalah Sungai Nil di Afrika. Gunung tertinggi adalah Mount Everest di India. Dataran terendah di Bumi adalah Laut Mati.

Bumi juga memiliki suhu udara yang bervariasi. Tempat paling panas adalah Al Aziziyah di Libya. Sedangkan tempat paling dingin adalah Vostok Station di Antartika. Suhu udara di Al Aziziyah mencapai 58 oC. Sedangkan suhu di Vostok Station hanya –89 oC. Tempat paling kering di bumi adalah Gurun Atacama, Cili. Sedangkan tempat paling basah adalah Tutunendo, Kolombia.