Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Vietnam

Nama Asli : Cong Hoa Xa Hoi Chu Nghia Vietnam
Ibu Kota : Hanoi
Bentuk Negara : Republik Sosialis
Kepala Negara : Perdana Menteri

Vietnam merupakan bekas jajahan bangsa Prancis. Setelah merdeka tahun 1954, Vietnam terbagi menjadi 2, yaitu Vietnam Utara dan Vietnam Selatan.

Selama lebih dari 20 tahun, Vietnam terlibat dalam perang saudara. Vietnam dapat disatukan kembali pada tanggal 29 April 1975.

a. Letak dan Luas wilayah

Secara geografis, Vietnam terletak di Semenanjung Indocina. Bila diamati pada peta, wilayah Vietnam membentuk huruf S. Secara astronomis, Vietnam terletak pada 8oLU – 23oLU dan 102oBT – 109oBT.

Batas-batas wilayah Vietnam yaitu:

1) Sebelah utara: Cina.
2) Sebelah timur: Laut Cina Selatan.
3) Sebelah selatan: Laut Cina Selatan.
4) Sebelah barat: Kamboja dan Laos.

Luas wilayah Vietnam sekitar 331.041 km2. Wilayah tersebut membentang dari utara ke selatan. Wilayah Vietnam langsung menghadap ke Laut Cina Selatan.

b. Keadaan alam

Vietnam memiliki banyak delta, pegunungan, dan dataran pantai. Di daerah utara terdapat delta Sungai Merah dan di sebelah selatan terdapat delta Sungai Mekong. Sungai Merah dan Sungai Mekong merupakan 2 sungai di Vietnam.

Sebagian besar wilayah Vietnam berupa dataran tinggi. Deretan pegunungan membentang dari utara ke selatan. Deretan pegunungan tersebut membentuk batas wilayah dengan Laos dan Kamboja.

Puncak tertinggi dari pegunungan di Vietnam adalah Gunung Fan Si Pan. Gunung ini terletak di daerah utara.

Dataran pantai terdapat di daerah timur. Daerah ini berbatasan Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan.

Vietnam memiliki 2 iklim. Sebagian besar wilayah beriklim tropis. Daerah utara beriklim subtropis dengan suhu lebih sejuk.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Vietnam sekitar 79.832.000 jiwa. Sebagian besar mereka berasal dari suku bangsa Vietnam. Sisanya adalah suku bangsa Khmer, Campa, Muong, Neo, Thai, dan Cina.

Penduduk Vietnam menggunakan bahasa Vietnam dalam percakapan sehari-hari. Agama yang dianut penduduk Vietnam antara lain Buddha, Kong Hu Chu, Tao, Nasrani, dan Islam. Animisme juga masih dianut penduduk Vietnam.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Vietnam adalah pertanian. Daerah pertanian terdapat di sepanjang delta Sungai Merah dan Sungai Mekong.

Hasil pertanian Vietnam antara lain padi, jagung, kapas, tebu, ubi jalar, teh, buah-buahan, tembakau, dan kopi. Vietnam merupakan negara pengekspor kopi terbesar kelima di dunia. Kegiatan ekonomi lainnya adalah perikanan air tawar dan air laut. Pusatnya berada di Teluk Tonkin.