Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Kamboja

Nama Asli : Khmer
Ibu Kota : Phnom Penh
Bentuk Negara : Kerajaan
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri

Pada abad ke-19, Kamboja merupakan daerah jajahan Prancis. Kamboja memperoleh kemerdekaan pada tahun 1953. Sepanjang abad ke20, negara ini dilanda perang.

a. Letak dan luas wilayah

Secara astronomis, Kamboja terletak pada 10oLU – 15oLU dan 102oBT – 108oBT. Adapun secara geografis, Kamboja terletak di Semenanjung Indocina. Batas-batas wilayah Kamboja yaitu:

1) Sebelah utara: Thailand dan Laos.
2) Sebelah timur: Vietnam.
3) Sebelah selatan: Teluk Siam.
4) Sebelah barat: Thailand.

Luas wilayah Kamboja adalah 181.035 km2.

b. Keadaan alam

Wilayah utara dan barat daya Kamboja merupakan daerah pegunungan. Di sebelah utara dan barat daya terdapat Pegunungan Cardamon. Puncak tertinggi dari pegunungan tersebut adalah Gunung Phnum Aoral dengan ketinggian 1810 m. Pegunungan Cardamon memiliki panjang 160 km. Di sebelah timur, pegunungan tersebut melintasi perbatasan Kamboja dan Thailand.

Wilayah tengah Kamboja terdapat hutan hujan tropis. Daerah ini berupa cekungan yang terdapat di bagian tengah. Di pusat cekungan terdapat danau terbesar di Asia Tenggara, yaitu Danau Tonle Sap. Di sebelah tenggara mengalir Sungai Mekong. Sungai tersebut bermuara di Laut Cina Selatan. Kamboja juga memiliki pelabuhan alam terbaik di Asia Tenggara. Pelabuhan ini terletak di Teluk Kompong Sam.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Kamboja sekitar 11.168.000 jiwa. Mereka terdiri dari berbagai suku bangsa, seperti suku bangsa Khmer, Vietnam, dan Cina. Suku bangsa Khmer merupakan suku bangsa terbesar. Sebagian besar penduduk menganut agama Buddha Theravada. Sedangkan sebagian kecil menganut agama Hindu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Kamboja adalah pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai Mekong dan sekitar Danau Tonle Sap. Hasil pertanian utama adalah padi. Hasil pertanian dan perkebunan lainnya berupa jagung, buncis, umbi-umbian, dan tembakau.

Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Kamboja adalah pertambangan. Hasilnya antara lain tembaga, besi, mangan, dan emas.

Penduduk Kamboja juga melakukan Rumah panggung Kamboja. di Danau Tonle Sap, usaha di bidang perikanan dan kehutanan. Perikanan dilakukan di Danau Tonle Sap. Hasil hutan Kamboja adalah jati dan mahoni.