Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Thailand

Nama Asli : Prades Thai
Ibu Kota : Bangkok
Bentuk Negara : Kerajaan
Kepala Negara : Raja
Kepala Pemerintahan : Perdana menteri

Thailand merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang belum pernah dijajah bangsa lain. Karena itu, negera ini mendapatjulukan Rumah Rakyat Merdeka. Thailand juga dijuluki Negeri Gajah Putih, karena gajah dianggap hewan suci di negara tersebut.

a. Letak dan luas wilayah

Secara astronomis, Thailand terletak pada 6oLU – 107oLU dan 97oBT – 107oBT. Batas-batas wilayah Thailand yaitu:

1) Sebelah utara: Laos dan Myanmar.
2) Sebelah timur: Kamboja dan Laos.
3) Sebelah selatan: Teluk Siam dan Malaysia.
4) Sebelah barat: Samudra Hindia dan Myanmar.

Luas wilayah Thailand mencapai

513.115 km2. Wilayah selatan Thailand terletak di Semenanjung Malaka.

b. Keadaan alam

Wilayah Thailand dilewati serangkaian barisan pegunungan. Di daerah utara merupakan daerah pegunungan terluas. Puncak tertinggi pegunungan di daerah ini adalah Gunung Doi Inthanon. Di bagian timur laut terdapat Plato Khorat. Daerah ini merupakan daerah tandus. Daerah tengah Thailand merupakan dataran subur. Daerah ini dialiri Sungai Chao Phraya.

Daerah timur Thailand berupa Sungai Chao Phraya.pegunungan kapur. Di daerah ini mengalir Sungai Mekong. 

Adapun daerah barat terdapat Tanah Genting Kra. Daerah ini membentang dari utara ke selatan di tepi Laut Andaman. Bukit-bukit rendah terdapat di Thailand bagian selatan. Daerah ini membentang hingga perbatasan Malaysia.

Wilayah Thailand beriklim tropis. Daerah selatan menerima curah hujan lebih banyak daripada bagian tengah dan utara. Thailand memiliki daerah hutan berkayu keras, terutama di wilayah utara dan pesisir pantai. Thailand juga memiliki beragam satwa, seperti gajah, harimau tutul, buaya, siamang, dan ular.

c. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Thailand sekitar 60.607.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Thai, sehingga Thailand disebut juga Muangthai. Penduduk Thailand menganut agama Buddha. Agama tersebut juga menjadi agama utama, sehingga di Thailand banyak terdapat pagoda. Thailand mendapat julukan Negeri Karena banyak terdapat pagoda di negara tersebut. Lalu apa pagoda itu? Pagoda adalah tempat beribadah umat Buddha.

Apa kegiatan ekonomi utama Biara Wat Phra. penduduk Thailand? Pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama penduduk Thailand. Hasil utamanya adalah padi. Thailand menjadi negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara. Maka dari itu, negara tersebut juga dijuluki lumbung padi ASEAN.

Kegiatan ekonomi lain penduduk Thailand adalah di bidang kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil hutan Thailand adalah kayu jati. Hasil tambang Thailand adalah timah dan mangan. Industri di Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang-barang elektronik.