Letak, Luas, Batas Wilayah, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk Malaysia

Nama Asli : Malaysia
Ibu kota : Kuala Lumpur
Bentuk Negara : Federasi Kerajaan
Kepala Negara : Yang Dipertoan-Agong
Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri
Malaysia merupakan negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja. Raja Malaysia bergelar Yang Dipertoan-Agong. Raja dipilih dari salah satu raja-raja negara bagian. Raja Malaysia bertindak sebagai kepala negara. Adapun kepala
pemerintahannya adalah perdana menteri.

a. Letak dan luas wilayah

Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia bagian barat danMalaysia bagian timur. Malaysia bagian barat terletak di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia bagian timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1oLU – 7oLU dan 100oBT – 119oBT. Adapun batas-batas wilayah Malaysia yaitu:

1) Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan.
2) Sebelah timur: Laut Sulu.
3) Sebelah selatan: Pulau Kalimantan.
4) Sebelah barat: Selat Malaka.

Luas wilayah Malaysia mencapai 329.758 km2. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 13 negara bagian. Di bagian barat terbagi menjadi 11 negara bagian, terdiri dari Kedah, Perak, Selangor, Negeri Sembilan, Penang, Pahang, Perlis, Kelantan, Malaka, Johor, dan Trengganu. Bagian timur terdiri dari 2 negara bagian, yaitu Sabah dan Serawak.

b. Keadaan alam

Daerah tengah Malaysia bagian barat berupa pegunungan. Puncaktertinggi dari pegunungan tersebut adalah Gunung Tahan. Di bagian selatan berupa dataran rendah yang kering. Di sebelah timur terdapat kawasan hutan yang tidak terlalu luas. Adapun di sebelah barat berupa lahan yang subur.

Kenampakan alam Malaysia bagian timur terdiri atas daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan, dan lembah berhutan lebat. Daerah pedalaman berupa pegunungan. Puncak tertinggi di daerah ini adalah Gunung Kinabalu. Malaysia memiliki iklim tropis. Di Malaysia bagian barat, musim penghujan berlangsung dari bulan September sampai Desember.

Adapun di bagian timur musim penghujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Februari. Akibat dari iklim tropis, Malaysia memiliki keragaman hayati. Terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia bagian timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. bagian Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di Gunung Kinabalu.
c. Keadaan penduduk

Malaysia berpenduduk sekitar 23.275.000 jiwa. Sebagian besar penduduk adalah bangsa Melayu, sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk asli Malaysia dapat ditemui di Malaysia bagian timur. Penduduk asli Malaysia terdiri dari suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia adalah Islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adalah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, dan emas. Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.