Letak, Keadaan Alam, dan Keadaan Penduduk di Benua Eropa

Pernahkah kita mendengar istilah Jazirah Eurasia?

Jazirah tersebut merupakan letak dari Benua Asia dan Benua Eropa. Pada hakikatnya, kedua benua membentuk satu jazirah yang disebut Eurasia.

a. Letak

Secara astronomis, Benua Eropa terletak pada 71o8’ LU – 36o LU dan antara 66o BT – 9o30’ BB. Batas-batas Benua Eropa yaitu:

1) Sebelah utara: Laut Es Utara.
2) Sebelah selatan: Laut Tengah.
3) Sebelah timur: Benua Asia.
4) Sebelah barat: Samudra Atlantik.

b. Kenampakan alam

Kenampakan alam di Benua Eropa antara lain pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan  sungai. Kawasan hutan juga banyak terdapat di Benua Eropa, terutama di Eropa utara. Kawasan ini juga banyak memiliki dataran tinggi.

Daerah ini bergunung-gunung dan sangat curam, sehingga tidak banyak dihuni penduduk. Dataran tinggi juga dapat ditemui di Eropa Barat.
Pegunungan Ural merupakan batas alam antaraPrancis hingga Samudra Arktik. Selain Benua Eropa dengan Benua Asia.

Di Eropa Tengah terdapat Pegunungan Alpen. Pegunungan Alpen membentang hingga ke semua kawasan benua. Puncak dari rangkaian Pegunugan Alpen adalah Gunung Elbrus. Di bagian timur, membentang Pegunungan Ural yang menjadi batas alam antara Benua Eropa dengan Benua Asia. Sungai penting di Kawasan Eropa Tengah adalah Sungai Danube. Sungai ini mengalir hingga ke Eropa Timur. Sungai-sungai penting lain di Eropa adalah Sungai Thames, Sungai Loire, Sungai Rein, dan Sungai Meuse.

Daerah Eropa Selatan di kelilingi oleh laut. Laut Tengah di sebelah timur dan selatan, Samudra Atlantik di sebelah utara dan barat, serta sekitar Laut Tengah terdapat kawasan hutan.

Di Benua Eropa berlaku beberapa macam iklim. Di Eropa Utara berlaku iklim kutub. Di Eropa Barat berlaku iklim kontinental. Iklim tundra berlaku di Eropa Tengah. Iklim mediterania berlaku di Eropa Selatan. Adapun di Eropa Timur berlaku iklim benua.

c. Keadaan penduduk

Terdapat beberapa suku bangsa di Benua Eropa, yaitu:

1)   di Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, dan Inggris, terdapat suku bangsa Germania,
2)   di Rusia, Polandia, Bulgaria, Cekoslowakia, Serbia, dan Kroasia, terdapat suku bangsa Slavia,
3)   di Italia, Spanyol, dan Portugal, terdapat suku bangsa Mediterania,
4)   Suku Alpen, mendiami Prancis dan Swiss.

Kegiatan ekonomi utama penduduk Eropa sangat beragam. Kegiatan ekonomi utama adalah industri. Sektor industri yang dilakukan penduduk Eropa antara lain industri jasa, industri makanan, dan elektronik. Selain industri, sektor pertanian juga banyak dilakukan penduduk terutama di daerah barat.

Industri pertanian dan pengolahan makanan juga menjadi kegiatan ekonomi utama penduduk di kawasan Eropa Tengah.

Di daerah selatan, kegiatan ekonomi yang banyak dilakukan penduduk adalah industri pariwisata. Hal ini karena kawasan selatan memiliki bentang alam yang indah. Di kawasan timur, kegiatan ekonomi penduduk terutama di bidang industri sereal. Kegiatan ekonomi utama penduduk Eropa adalah industri.