Ciri Khas Negara Prancis

Prancis merupakan negara terbesar di Eropa Barat. Prancis merupakan negara yang berbentuk republik. Kepala negaranya adalah presiden dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Negara ini memiliki batas daratan dengan 6 negara Eropa lain.

Luas wilayah Prancis adalah 447.030 km2. Luas wilayah tersebut dihuni 59.060.000 jiwa penduduk. Sebanyak 90% penduduk Prancis berkulit putih. Prancis juga banyak memiliki warga pendatang dari Portugal, Maroko, Italia, dan Tunisia.

Agama yang dianut sebagian besar penduduk Prancis adalah Katolik Roma. Penduduk menggunakan bahasa Prancis. Penduduk asli Prancis adalah orang Prancis.

Kegiatan ekonomi yang ada di Prancis antara lain pertanian, peternakan, perikanan, pertambangan, dan industri. Hasil pertaniannya adalah lavender, sereal, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Komoditas buah terbesar adalah anggur. Prancis bahkan tercatat sebagai negara penghasil anggur terbesar kedua di dunia. Industri Prancis berkembang pesat sejak Perang Dunia II.

Hasil industri negara tersebut adalah mesin, alat pertahanan, dan kendaraan bermotor.

Kenampakan alam utama di Prancis berupa perbukitan dan lembah-lembah sungai. Secara geografis, Prancis terletak di dataran yang bergelombang. Ketinggian daerah-daerah di negara tersebut rata-rata berada di bawah 250 m. Daerah perbukitan terletak di barat laut. Daerah ini juga terdapat 2 pegunungan, yaitu Pegunungan Jura dan Pegunungan Vosges. Di daerah timur membentang Pegunungan Alpen. Di sebelah tenggara terdapat Pegunungan Pirenia. Puncak tertinggi dari pegunungan ini adalah Mount Blanc. Pegunungan tersebut menjadi batas antara Prancis dengan Spanyol. Di daerah tenggara mengalir beberapa sungai, seperti Sungai Loire, Sungai Seine, dan Sungai Rhone.

Ciri khas yang dimiliki Prancis antara lain:

1)   memiliki bangunan yang menjadi salah satu keajaiban dunia, yaitu menara Eiffel,
2)   terkenal sebagai negara pembuat minuman anggur terbaik di dunia,
3)   Paris dikenal sebagai pusat mode dunia.