Ciri Khas Negara Jepang

Jepang termasuk negara kepulauan. Terdapat 4 pulau utama dan lebih dari 1.000 pulau kecil di negara tersebut. Pulau utama Jepang adalah Pulau Hokkaido, Pulau Honshu, Pulau Shikoku, dan Pulau Kyushu. Letak 4 pulau utama di Jepang sangat berdekatan. Pulau-pulau tersebut dapat dihubungkan dengan terowongan, jembatan, maupun jalan layang.

Luas wilayah Jepang adalah 377.819 km2. Luas wilayah tersebut dihuni 126.926.000 penduduk.

Sebagian besar dari mereka menganut agama Shinto (memuja arwah nenek moyang). Agama tersebut merupakan agama turun-temurun dari nenek moyang bangsa Jepang.

Hampir semua Kepulauan Jepang berupa pegunungan, sedangkan sisanya adalah wilayah daratan yang sempit. Salah satu gunung terkenal di Jepang adalah Gunung Fuji. Gunung yang terletak di Pulau Honshu tersebut dianggap keramat oleh bangsa Jepang. Jepang merupakan salah satu negara yang sering dilanda gempa bumi.

Industri menjadi kegiatan perekonomian utama Jepang. Industri Jepang mengalami perkembangan pesat sejak mereka kalah dalam Perang Dunia II. Industri Jepang menghasilkan kendaraan bermotor, peralatan listrik dan elektronik, alat perkantoran, bahan kimia, serta produk besi dan baja. Hasil industri Jepang mampu menguasai pasaran dunia.

Kemajuan teknologi Jepang didukung dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pertanian juga merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan penduduk Jepang. Pertanian Jepang antara lain beras, gandum, sayuran, dan buah-buahan. Jepang mampu mengembangkan teknologi pertanian modern. Kegiatan ekonomi lain penduduk Jepang adalah perikanan.

Sektor perikanan sangat maju di negara ini. Ikan dan beragam jenis makanan laut merupakan bahan makanan penting penduduk Jepang. Armada perikanan negara ini termasuk yang terbesar di dunia. Jepang dikenal sebagai negara yang mengembangkan teknik pertanian dengan media air dan perikanan modern terbesar di dunia.

Ciri khas yang dimiliki Jepang yaitu:

1) salah satu negara adidaya di bidang ekonomi dan teknologi,
2) memiliki bunga khas, yaitu Sakura,
3) Jepang dijuluki Negeri Matahari Terbit,
4) memiliki agama Shinto yang merupakan warisan nenek moyang,
5) memiliki cagar budaya terkenal di dunia berupa deretan rumah tradisional yang disebut Gassho-zukuri,
6) memiliki pakaian khas yang disebut kimono.