Ciri Khas Negara Belanda

Belanda merupakan negara yang berbentuk kerajaan. Kepala negara adalah ratu dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Jumlah penduduk Belanda mencapai 15.987.000 jiwa. Sebagian di antaranya merupakan warga pendatang dari negara lain, seperti Turki, Maroko, Indonesia, Suriname, dan Antila Belanda.

Belanda merupakan negara yang menempati dataran paling rendah di dunia. Oleh karena itu, negara tersebut dinamakan Netherland, yang artinya negara yang terletak di dataran rendah. Luas wilayah Belanda mencapai 41.526 km2. Seperempat dari luas wilayah tersebut berada di bawah permukaan air laut. Untuk melindungi wilayah dari genangan air laut, maka dibuat tanggul/dam. Negara ini memiliki sekitar 9.000 dam. Penduduk juga membuat kincir angin yang digunakan untuk memompa air yang masuk ke daratan.

Secara geografis, wilayah Belanda terbagi menjadi 2, yaitu daerah Belanda Rendah dan daerah Belanda Tinggi. Daerah Belanda Rendah terletak di bagian utara dan barat. Daerah Belanda Tinggi berada di sebelah tenggara. Belanda tidak memiliki perbukitan maupun pegunungan. Rata-rata ketinggian wilayahnya hanya 50 m.

Kegiatan ekonomi utamanya adalah transportasi, pariwisata, dan industri. Kota pusat industri Belanda adalah Rotterdam. Penduduk juga melakukan kegiatan ekonomi di bidang pertanian. Lahan pertanian dibuat dengan cara mengeringkan air laut. Lahan pertanian yang demikian disebut polder. Belanda memiliki sekitar 5.000 polder. Pertanian Belanda menghasilkan buah, sayur, bunga, dan cabai. Pertanian Belanda merupakan yang paling maju di dunia.

Ciri khas yang dimiliki Belanda yaitu:

1)   memiliki wilayah dengan ketinggian di bawah permukaan laut,
2)   memiliki banyak kincir angin,
3)   terkenal banyak memiliki ahli pembuatan dam/tanggul,
4)   memiliki sekitar 9.000 dam/tanggul,
5)   memiliki 5.000 polder,
6)   memiliki tanaman khas, yaitu bunga tulip,
7)   memiliki pelabuhan terbesar di dunia, yaitu Pelabuhan Rotterdam.