Ciri Khas Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat dikenal sebagai negara adikuasa. Negara ini merupakan negara paling besar di Benua Amerika. Luas wilayah Amerika Serikat adalah 9.620.001 km2. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 50 negara bagian. Sebanyak 48 negara bagian terletak pada satu daratan, sedangkan 2 negara bagian letaknya terpisah. Kedua negara bagian tersebut adalah Alaska dan Hawai. Alaska terletak di sebelah barat Kanada, sedangkan Hawaii terletak di Samudra Pasifik.

Jumlah penduduk Amerika Serikat mencapai 282.000.000 jiwa. Adapun penduduk asli Amerika Serikat adalah bangsa Indian dan Eskimo. Penduduk asli telah mendiami wilayah Amerika Serikat sejak ribuan tahun yang lalu.

Namun saat ini, jumlah penduduk asli lebih sedikit daripada jumlah penduduk pendatang. Jumlah penduduk asli Amerika Serikat hanya sekitar 2% dari keseluruhan jumlah penduduk. Mereka tinggal di daerah Oklahoma, New Mexico, Arizona, dan California.

Sekitar 69% penduduk Amerika Serikat saat ini adalah keturunan Eropa. Mereka datang pertama kali dan menetap pada abad ke-17 sampai abad ke 18. Sebanyak 13% penduduk Amerika adalah keturunan bangsa Afrika, 12% keturunan bangsa Hispanik, dan 4% adalah keturunan bangsa Asia.

Kegiatan ekonomi penduduk Amerika Serikat sangat beragam, seperti pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri.

1) Pertanian

Hasil pertanian di Amerika Serikat antara lain gandum, sereal, kedelai, dan kapas. Tanaman gandum dan sereal banyak terdapat di Amerika Serikat bagian tengah. Di daerah ini terdapat Corn Belt, yaitu kawasan pertanian terbesar di dunia. Corn Belt membentang dari Ohio hingga Nebraska. Lahan pertanian gandum terbesar berada di Kansas.

Seperlima kebutuhan gandum di Amerika Serikat dihasilkan di negara bagian tersebut. Bahkan 75% produksi gandum dunia dihasilkan di Amerika Serikat. Kedelai dihasilkan di Illinois.

Adapun tanaman kapas banyak terdapat di kawasan bagian selatan, seperti Texas, Arkansas, Mississippi, dan Louisiana. Hasil pertanian lain seperti buah dan sayur banyak dihasilkan di California. Sekitar 50% kebutuhan buah dan sayur Amerika Serikat dihasilkan di negara bagian ini.

2) Peternakan

Amerika Serikat menjadi padang penggembalaan sekitar 100 juta ternak. Pusat peternakan Amerika Serikat berada di Negara Bagian Texas. Terdapat sekitar 15 juta ekor sapi di negara bagian ini. Selain Negara Bagian Texas, Wisconsin juga merupakan daerah peternakan di Amerika Serikat. Negara bagian ini menjadi penghasil susu dan keju dalam jumlah besar di Amerika Serikat. Sepuluh persen kebutuhan susu Amerika Serikat berasal dari Wisconsin.

Selain sapi, hewan yang diternakkan penduduk Amerika Serikat adalah unggas. Pusat peternakan unggas berada di Alabama, Carolina Utara, Arkansas, dan Georgia.

3) Kehutanan

Kegiatan ekonomi di bidang kehutanan banyak dilakukan di daerah timur. Daerah ini masih memiliki kawasan hutan yang cukup luas. Daerah kawasan hutan tersebut antara lain di West Virginia, Virginia, Pennsylpenia, dan Maryland. Kawasan hutan juga banyak terdapat di Negara Bagian Alaska.

4) Pertambangan

Amerika Serikat kaya akan bahan tambang. Seperlima cadangan batu bara dunia terdapat di negara ini. Tambang batu bara banyak terdapat di Pegunungan Appalachia dan Minnesota. Tambang minyak bumi terdapat di Alaska. Di daerah sekitar Great Basin menjadi tempat penambangan emas, perak, tembaga, dan bijih besi.

5) Industri

Industri Amerika Serikat berpusat di Detroit dan Chicago. Di kedua negara bagian tersebut terdapat industri pembuatan kendaraan bermotor, industri keuangan, pariwisata, elektronika, manufaktur, dan industri jasa.

Di Chicago terdapat pusat perakitan mobil Ford. Industri hiburan berkembang di San Fransisco dan Los Angeles. Industri pesawat terbang dan perkapalan terdapat di California. Di Los Angeles terdapat Long Beach, yang merupakan pelabuhan bongkar muat barang terbesar di Amerika Serikat. Industri Amerika Serikat juga mengolah alumunium, besi, dan baja.

Kenampakan alam utama di Amerika Serikat adalah 2 rangkaian pegunungan di sisi barat dan timur. Di sisi barat membentang Pegunungan Rocky dan di sisi timur membentang Pegunungan Appalachia. Daerah di antara 2 pegunungan tersebut adalah dataran yang luas. Dataran di antara 2 pegunungan tersebut dialiri beberapa sungai. Sungai terbesar adalah Sungai Mississippi yang bermuara di Teluk Meksiko. Di daerah bagian utara dataran terdapat 5 danau besar yang disebut Great Lake. Great Lake terdiri dari Danau Michigan, Danau Ontario, Danau Eire, Danau Superior, dan Danau Huron.

Kelima danau besar tersebut saling berhubungan satu sama lain. Di antara Danau Eire dan Ontario terdapat air terjun Niagara.

Ciri khas Amerika Serikat antara lain:

1)   merupakan negara adidaya karena kekuatan ekonomi dan militer,
2)   mata uang dollar AS digunakan sebagai mata uang internasional,
3)   mendapat julukan Negeri Paman Sam,
4)   memiliki Patung Liberty yang menjadi simbol kebebasan,
5)   terdapat Corn Belt yang merupakan kawasan pertanian terbesar di dunia,
6)   memiliki air terjun yang terkenal di dunia, yaitu Niagara,
7)   penghasil sereal terbesar di dunia,
8)   penghasil kapas terbesar kedua di dunia.