Hubungan Antara Perusahaan Dengan Badan Usaha

Sebagaimana telah dijelaskan di muka, bahwa badan usaha adalah kesatuan yurudis dan ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan laba.

Untuk mencapai tujuan tersebut, badan usaha menggunakan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa yang akan dijual kepada pihak lain untuk mendapatkan penghasilan/laba. Sehingga dimungkinkan suatu badan usaha mempunyai beberapa perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis.

Dalam menjalankan usahanya, badan usaha mempunyai beberapa misi, baik yang berhubungan dengan tujuan utama pendirian badan usaha maupun misi yang lainnya. Misi yang diemban oleh setiap badan usaha secara garis esar dapat
dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

(1)  Misi ekonomi yaitu misi badan usaha untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Misalnya untuk mendapatkan keuntungan, mendapatkan kekuasaan ekonomi dan lain-lain.
(2)  Misi sosial yaitu misi badan usaha yang berhubungan dengan tujuan-tujuan sosial. Misalnya untuk mengurangi pengangguran, meningkatkan pendapatan masyarakat dan lain-lain.
(3)  Misi ekonomi nasional yaitu misi badan usaha untuk membantu pemerintah dalam rangka memajukan dan mendinamisasikan perekonomian nasional. Misalnya meningkatkan ekspor, mengurangi impor dan lain-lain.

Dalam mengemban misi-misi tersebut, setiap badan usaha mempunyai penekanan yang berbeda-beda. Perusahaan yang dimiliki oleh negara, terutama yang berbentuk perusahaan jawatan, mempunyai misi sosial yang lebih besar dibanding dengan misi ekonomi, sebaliknya perusahaan swasta mempunyai misi ekonomi yang lebih besar dibanding misi sosial.