Letak Geografis Indonesia

Posisi geografis adalah kedudukan suatu objek dalam suatu wilayah yang luas. Dilihat dari posisi di permukaan bumi, Indonesia berada di belahan bumi timur sebelah timur garis bujur 0o.

Sehingga sering disebut negara timur. Sesama negara yang terdapat di Benua Asia, posisi Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara dan berada pada posisi silang
lalu lintas internasional dari Asia menuju benua Amerika dan Eropa.

Posisi geografis Indonesia terbagi atas letak astronomis dan letak geografis

Kita dapat mengetahui letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Apabila garis lintang diteruskan ke
barat atau ke timur maka akan bertemu sebagai lingkaran. Lingkaran tersebut dinamakan lingkaran ekuator atau lingkaran khatulistiwa atau garis lini.

Lingkaran khatulistiwa atau ekuator membatasi belahan bumi (Northern Hemisphere) utara dan belahan bumi selatan (Southern Hemisphere). Semua lingkaran lintang sejajar dengan ekuator. Di hemisfer utara disebut lintang utara (LU) dan di hemisfer selatan disebut lintang selatan Garis lintang (LS). Ekuator atau garis khatulistiwa hanya ada satu dan merupakan lingkaran terbesar di permukaan bumi. Oleh karena itu, dijadikan sebagai pangkal perhitungan 0°. Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan titik terjauh dari ekuator. Jaraknya 90° pada busur lingkaran bujur.

Garis lintang 23° LU disebut garis balik utara (The Tropic of Cancer) dan garis lintang 23° LS disebut garis balik selatan (The Tropic of Capricorn). Garis tropik, artinya garis balik (to hope membalik). Daerah di antara dua garis tropik ini disebut daerah tropik. Daerah ini mempunyai suhu paling panas di permukaan bumi karena paling banyak menerima sinar matahari. Garis lintang 66o LU dan 66° LS disebut lingkaran kutub. Daerah di dalam lingkaran disebut daerah kutub. Kutub Utara dan Kutub Selatan terletak di titik pusat lingkarannya masing-masing. Daerah ini merupakan daerah terdingin karena matahari tidak pernah berada di atasnya.

Garis bujur atau garis meridian adalah busur lingkaran yang membujur atau sejajar dengan sumbu bumi melalui Kutub Utara dan Kutub Selatan, serta tegak lurus pada ekuator. Lingkaran bujur semua sama besar sehingga sulit untuk menentukan bujur 0o sebagai pangkal perhitungan.

Berdasarkan kongres Ilmu Kebumian di Kota Greenwich di Inggris, garis bujur yang melalui kota itu ditentukan sebagai garis bujur 0° (meridian Greenwich). Ke arah timur disebut garis Bujur Timur (BT) dan ke arah barat disebut garis Bujur Barat (BB). Bujur Barat dan Bujur Timur bertemu pada bujur 180°, yaitu sambungan garis bujur 0° yang terletak di Samudra Pasifik. Garis ini merupakan batas tanggal internasional. Pukul 24.00 waktu Greenwich (GMT), di garis itu pukul 12.00 siang, tetapi di daerah sebelah barat sudah ganti hari dan tanggal.

Misalnya, Kamis tanggal 10 maka di sebelah timur garis masih hari Rabu tanggal 9. Kalau kita naik pesawat terbang dari Los Angeles (AS) hari Rabu tanggal 9 pagi, 11 jam kemudian tiba di Tokyo (Jepang) Kamis malam hari. Sebaliknya, kalau dari Tokyo hari Kamis siang sampai di Los Angeles masih tetap hari Kamis.
Jadi, perbedaan garis bujur menyebabkan perbedaan waktu. Bujur di sebelah timur lebih dahulu daripada bujur di sebelah baratnya.

Indonesia sering dinamakan negara kepulauan (archipelagostate). Jumlah pulau-nya mencapai 17.508pulau. Akan tetapi, pada tanggal 17 Desember 2002 ada dua pulauyang lepas dari kedaulatan Republik Indonesia. Kedua pulautersebut adalah Sipadan dan Ligitan di Iaut Sulawesi.

Letak astronomis negara Indonesia adalah di antara 6° LU – 11° LS dan 95° BT–141° BT. Artinya, wilayah Indonesia paling utara (Pulau Weh) di Nanggroe Aceh Darussalam terletak 6° LU dan paling selatan (Pulau Roti) di Nusa Tenggara Timur terletak 11° LS. Wilayah paling barat adalah ujung utara Pulau Sumatra 95° BT dan paling timur adalah Kota Merauke di Papua yang terletak pada 141° BT. Jarak dari ujung utara sampai ujung selatan Indonesia adalah 17° atau 1.887 km (1° garis lintang di ekuator = 111 km). Jarak dari batas barat sampai batas timur Indonesia adalah 46 atau 5.106 km.