Kondisi Fisik Wilayah Indonesia Secara Umum

Busur utara pulau-pulau Nusa Tenggara berasal dari kegiatan gunung api. Gunung Rinjani di Lombok, lebih kurang setinggi 3.726 meter, merupakan gunung api tertinggi ketiga di Indonesia dan mendominasi bagian utara pulau ini. Di kawahnya terdapat danau mineral yang sangat indah, yang disebut dengan Segara Anak.

Pepatah mengatakan tentang begitu suburnya tanah Indonesia hingga hanya menancapkan kayu saja akan tumbuh menjadi tanaman. Tanah yang terdapat di Indonesia secara umum memang subur dengan jenis tanah yang umumnya baik untuk pertanian. Selain itu posisi Indonesia terletak di sekitar khatulistiwa menyebabkan Indonesia beriklim tropis yang sangat mendukung berbagai usaha pertanian.

Selain itu dengan posisi tersebut Indonesia mendapat panas matahari sepanjang tahun baik bagi kehidupan makhluk hidup. Indonesia yang kaya beranekaragam hewan dan tumbuhan menyebabkan Indonesia merupakan negara plasma nutfah terkaya.

Kita wajib bangga menjadi warga negara Indonesia, sebab negara kita merupakan negara yang luas dengan sumber daya alam yang melimpah. Tanah yang terdapat di Indonesia memang subur baik sekali untuk pertanian. Selain itu, posisi Indonesia di muka bumi terletak di wilayah khatulistiwa menyebabkan Indonesia beriklim tropis. Seluruh wilayah Indonesia di daerah tropis, yang berarti tidak ada musim dingin yang mematikan, jarang sekali terjadi badai, karena tekanan udara yang relatif rendah.

Demikian pula dengan kondisi tanah di Indonesia tidak ada yang kering dan tidak ditumbuhi pepohonan. Rasa bangga dan percaya diri sebagai bangsa Indonesia akan dirasakan lebih mantap apabila kita sebagai generasi penerus memiliki pengetahuan mendalam tentang ciri-ciri fisik wilayah Indonesia.