Flora dan Fauna Indonesia

Pada zaman glasial dimana sebagaian besar permukaan bumi masih menyatu, kawasan Indonesia bagian barat masih menyatu dengan Asia dan kawasan Indonesia bagian timur menyatu dengan Australia. Kondisi tersebut memudahkan terjadinya perpindahan hewan-hewan Asia maupun Austraia untuk berpindah ke kawasan Indonesia. Akibatnya setelah es mencair, Indonesia terpisah dengan Asia dan Australia, ada kawasankawasan tertentu di Indonesia yang jenis-jenis flora dan fauna mirip flora dan fauna yang ada di Asia dan Australia.

Kawasan yang memiliki keragaman flora dan fauna yang mirip dengan yang ada di Benua Asia disebut kawasan Asiatis. Kawasan Asiatis adalah kawasan Indonesia bagian barat yang pada masa glasial menyatu dengan Asia. Kawasan ini berada di paparan Sunda, meliputi pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Madura, dan Bali. Sementara kawasan yang memiliki keragaman dan flora dan fauna mirip Australia disebut kawasan Australis. Kawasan Australis merupakan kawasan Indonesia bagian Timur yang pada jaman glasial menyatu dengan Australia. Kawasan ini menempati paparan Sahul yang meliputi Papua dan kepulauan Maluku.

Di antara kawasan tersebut, ada kawasan yang dihuni oleh hewan dan tumbuhan yang merupakan tipe peralihan antara Asia dan Australia. Kawasan ini disebut Australasiatis. Kawasan Australasiatis merupakan kawasan Indonesia bagian tengah yang pada zaman glasial tidak menyatu dengan kedua benua tersebut. Peranannya relatif dalam daerahnya meliputi Sulawesi dan kepulauan di Nusa Tenggara. Sehingga flora dan fauna yang dijumpai di kawasan ini umumnya merupakan jenis flora dan fauna yang hanya dapat ditemukan di Indonesia.

Ketiga kawasan tersebut dipisahkan oleh garis tanda yang disebut garis Wallace dan Webber. Garis Wallace memisahkan kawasan flora dan fauna Asiatis dengan kawasan peralihan Australia. Sementara garis Webber membatasi garis flora dan fauna Australasiatis dengan wilayah Australia.