Contoh Kerusakan Lingkungan Hidup Yang Disebabkan Karena Ulah Perbuatan Manusia

Perbuatan manusia dapat menimbulkan pencemaran dan banjir.

a. Pencemaran (polusi)

Polusi (pencemaran) dibedakan menjadi empat macam, yaitu polusi air, tanah, udara, dan suara.

1) Pencemaran air

Terjadinya pencemaran air karena pembuangan sisa pupuk dan pestisida, air cucian yang mengandung detergen, sisa obat-obatan, dan sisa bahan kimia di sembarang tempat. Bila bahan-bahan tersebut merembes ke dalam sumur, saluran air minum atau sungai, akan menimbulkan pencemaran air. Pencemaran air dapat pula terjadi karena musibah, misalnya sebuah kapal tanker berisi minyak meledak ke tengah laut, minyak banyak yang tumpah akan menimbulkan pencemaran air laut. Dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran air adalah sebagai berikut:

a) Bila air yang tercemar kita pakai akan menganggu kesehatan.
b) Kehidupan hewan dan tumbuh-tumbuhan terganggu. Akibat pencemaran air banyak ikan di sungai dan danau yang mati.

2) Pencemaran tanah

Terjadinya pencemaran tanah karena pembuangan plastik bekas pembungkus, kaleng bekas, pecahan-pecahan botol di sembarang tempat dapat menimbulkan pencemaran tanah, sebab barang-barang semacam itu tidak dapat diuraikan oleh bakteri pembusuk. Tanah yang tercemar akan mengurangi kesuburan tanah.

3) Pencemaran udara

Udara merupakan bagian dari atmosfer yang mengelilingi bumi dan berfungsi bagi kehidupan manusia. Di dalamnya terdapat oksigen untuk bernapas, karbon dioksida untuk proses fotosintesis, dan ozon untuk menahan bumi dari sinar ultraviolet matahari.

Pencemaran udara dapat berupa gas atau partikel padat. Asap yang keluar dari cerobong industri dan knalpot kendaraan bermotor mengandung bahan pencemar. Pembakaran hutan dan bahan bakar fosil baik pada industri, kendaraan bermotor, maupun rumah tangga mengemisikan sisa-sisa pembakaran yang terdiri dari CO, NO2, SO3, dan partikel lainnya.

Gas Chlorofluorocarbon (CFC) merupakan gas yang digunakan dalam pendinginan lemari es, alat pengatur suhu (AC), dan alat-alat lainnya yang menjadi penyebab dari pemanasan global dan merusak lapisan ozon. Metan yang berasal dari gas alam, pertambangan batu bara, pertanian, peternakan, tempat pembuangan sampah, dan lain-lain berpengaruh terhadap pemanasan global.

Akibat dari pencemaran udara akan terjadi pemanasan global di bumi, efek rumah kaca, hujan asam, kerusakan ozon dan timbulnya berbagai penyakit.

4) Pencemaran suara

Suara mesin-mesin pabrik, mesin diesel, deru kendaraan bermotor dan pesawat terbang dapat menimbulkan pencemaran suara yang berupa kebisingan. Pencemaran suara akan menganggu ketenangan manusia. Suara yang terlalu bising dapat berpengaruh terhadap tekanan darah, pernapasan, denyut nadi, dan saraf.

Usaha penanggulangan pencemaran:

1) Pengaturan lokasi industri jauh dari pemukiman penduduk.
2) Industri yang menimbulkan air limbah diwajibkan memasang peralatan pengendali pencemaran air.
3) Daerah industri dijauhkan dari peredaran air yang berhubungan dengan sumber air minum penduduk.
4) Memperkuat saluran air limbah jangan sampai bocor.
5) Unsur-unsur yang sulit atau tidak dinetralisasi harus dibuang dengan ditanam jauh dari air.

b. Banjir dan tanah longsor

Terjadinya bencana banjir sebagian besar karena ulah manusia. Penebangan hutan liar akan berakibat banjir. Hutan yang ditebang secara besar-besaran akan berubah menjadi lahan gundul. Tidak adanya hutan, berarti tidak adanya akar tumbuh-tumbuhan yang menahan lapisan tanah, sehingga akan terjadi erosi, pendangkalan sungai sehingga sungai tidak tampak menampung volume air hujan, air akan mengalir ke tempat-tempat lain. Akibatnya terjadilah banjir yang melanda sawah ladang kampung-kampung tempat pemukiman penduduk.

Lain halnya dengan banjir yang melanda kota-kota besar, khususnya Jakarta. Penyebab terjadinya banjir, karena penggunaan lahan yang kurang memenuhi persyaratan (misalnya di daerah bantaran sungai), sampah menumpuk, karena pasang air laut sehingga menggenangi tempat-tempat permukiman penduduk, maupun jalan-jalan raya, sehingga arus transportasi macet.

Selain terjadinya banjir, penebangan hutan secara besar-besaran akan berakibat tanah longsor, karena tidak ada akar-akar tumbuhan yang menahan lapisan tanah tersebut.

Usaha penanggulangan banjir:

1) Penghijauan dan reboisasi.
2) Sengkedan/terasering.
3) Pengembangan daerah aliran yang telah menyebabkansungai (DAS).
4) Penertiban pembuangan sampah.